6 Tips Cepat Hamil untuk Pasangan Muda

Penulis: Fadila Nur’aini, A.Md.Keb
Potret pasangan suami istri (Dok.Freepik/jcomp)

 

Apakah Anda dan pasangan sedang menantikan momongan? Mungkin Anda penasaran bagaimana tips cepat hamil. Beberapa dari Anda bisa jadi sudah berhasil mendapatkan momongan. Bagi Anda yang belum, jangan khawatir! Anda bisa mencoba beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan dengan pasangan. Cek 6 tips cepat hamil di bawah ini!

 

1. Berhenti merokok

Merokok terbukti dapat mengurangi kesuburan pada laki-laki dan perempuan. Ini juga berbahaya bagi janin jika Anda masih merokok saat hamil. Cobalah untuk membantu satu sama lain untuk berhenti merokok. Dengan begitu, peluang untuk memiliki momongan dapat segera terwujud.

 

2. Hindari alkohol

Alkohol dapat membahayakan janin utamanya pada awal kehamilan ketika Anda baru sadar bahwa Anda hamil. Tidak hanya pada perempuan, kebiasaan minum alkohol pada laki-laki juga mengurangi keseburan. Jadi, hindari konsumsi alkohol sesegera mungkin ketika ingin memiliki anak.

 

3. Makan sehat

Makan dan kesuburan sangatlah berhubungan. Makan makanan yang sehat dan alami dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Makanlah makanan yang bervariasi yang diolah dengan sehat misalnya dikukus, direbus atau ditumis dengan sedikit minyak. Makanlah makanan yang tinggi serat dan multivitamin seperti buah dan sayur. Anda disarankan untuk minum asam folat 400 mikrogram setiap hari sejak dua bulan sebelum hamil misalnya yang ada pada suplemen Bundavin.

 

4. Olahraga bersama

Menjadi bugar bagi Anda dan pasangan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesuburan. Jika kalian tidak terbiasa berolahraga, coba mulai dengan banyak bergerak sepanjang hari. Misalnya dengan naik transportasi umum, memilih naik tangga daripada naik lift dan peregangan di sela-sela bekerja. Untuk meningkatkan motivasi, olahragalah bersama pasangan Anda misalnya lari pagi.

 

Meskipun olahraga itu baik, tetapi jangan melakukannya terlalu berlebihan. Para perempuan yang melakukan olahraga dengan keras misalnya seperti atlet profesional terkadang mengalami gangguan siklus haid. Jika siklus haid Anda tidak teratur atau bahkan Anda tidak menstruasi sama sekali, coba kurangi dan lakukan olahraga dengan intensitas sedang.

 

5. Hubungan seksual yang teratur

Seperti yang kita semua ketahui, hubungan seksual adalah hal yang paling penting! Akan sangat membantu ketika Anda tahu kapan Anda ovulasi. Disamping itu, sangat direkomendasikan untuk berhubungan seksual yang teratur setiap dua atau tiga hari sekali selama satu bulan. Ini akan membuat peluang untuk hamil menjadi lebih besar.

 

6. Periksa ke dokter

Infertilitas adalah bila pasangan suami istri telah berhubungan seksual secara teratur 2-3 kali seminggu, tanpa memakai alat kontrasepsi selama satu tahun tetapi belum juga hamil. Periksalah ke dokter kandungan bersama pasangan Anda! Dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan dan memeriksa kandungan Anda dengan USG.

Biasanya dokter akan merekomendasikan beberapa pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan ini berlaku pada suami dan istri. Misalnya pemeriksaan analisis sperma, kondisi hormon pada laki-laki dan perempuan, kemungkinan adanya virus, infeksi menular seksual, pembekuan darah dan lainnya.

Mencoba untuk hamil bisa membuat Anda dan pasangan stres. Sedikit stres itu wajar dan tidak akan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Namun, stres yang berat dan berkepanjangan malahan dapat membuat Anda dan pasangan sulit untuk hamil.

 

Cobalah rileks sejenak! Anda dan pasangan bisa saling mengucapkan terima kasih karena telah berusaha. Berikan satu sama lain pijatan yang lembut, melakukan teknik pernapasan bersama atau menikmati makanan yang enak. Selamat mencoba 6 tips cepat hamil diatas!