Coba 5 Tips Melahirkan Normal untuk Pengalaman Melahirkan yang Lebih Baik!


Penulis: Fadila Nur’aini, A.Md.Keb
Potret ibu hamil dengan putrinya (Dok.Freepik/prostooleh)


Mungkin Anda sering melihat persalinan sebagai momen yang mengerikan dan berbahaya seperti yang terlihat di media. Apalagi mendengar omongan orang terdekat yang terkadang kurang memotivasi. Hal-hal ini yang membuat alam bawah sadar Anda percaya bahwa melahirkan itu sakit dan menakutkan.

Pernahkah Anda melihat kucing melahirkan? Kucing akan mencari tempat yang nyaman, gelap, hangat, sunyi dan penuh privasi menjelang waktu persalinannya. Setelah melahirkan, anak-anak kucing secara otomatis akan menempel ke induknya dan mulai menyusu.

Ruangan yang gelap atau redup akan membuat hormon melatonin aktif. Melatonin akan menstimulasi hormon oksitosin yang memicu terjadinya kontraksi atau gelombang cinta. Itu mengapa persalinan umumnya terjadi di malam hari. Tips melahirkan normal di bawah ini mungkin dapat membantu Anda mempersiapkan kelahiran sang buah hati!

 

1. Afirmasi positif

Anda perlu menyaring informasi apa yang Anda dengar dari lingkungan sekitar. Cobalah untuk sering berdiskusi dengan bidan atau dokter Anda jika ada kekhawatiran atau sesuatu yang belum dipahami. Tanamkan afirmasi positif setiap hari pada diri Anda baik itu di pagi hari, sebelum tidur maupun saat Anda merasa cemas.

 

2. Ikuti kelas persiapan kelahiran

Banyak ibu yang khawatir untuk melahirkan normal karenanya kurangnya pengetahuan dan keterampilan. Kelas membantu Anda memahami bagaimana mekanisme tubuh bekerja secara alami untuk melahirkan buah hati dan menghubungkan tubuh dan pikiran Anda. Ajak pendamping persalinan untuk belajar bersama di kelas, sehingga ia bisa mengambil peran untuk membantu Anda selama proses persalinan.

 

3. Buatlah birth plan

Tips melahirkan normal yang kedua adalah birth plan. Ini membantu Anda untuk merencanakan persalinan dan bagaimana Anda ingin dirawat. Ini adalah jembatan yang baik bagi Anda dan penolong persalinan untuk mengenal satu sama lain. Diskusikan dengan bidan atau dokter yang akan menolong persalinan Anda jauh-jauh hari sebelum taksiran persalinan.

 

4.  Dukungan

Penting bagi Anda memiliki pendamping persalinan yang suportif. Pendamping persalinan adalah orang yang Anda percaya untuk mendampingi Anda untuk melahirkan baik itu pasangan, orang tua, sahabat atau doula. Pendamping persalinan bukanlah pemegang keputusan atas tindakan medis pada diri Anda kecuali Anda memerlukannya dalam keadaan gawat darurat.

 

5. Olahraga dan jaga postur tubuh

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa orang jaman dahulu lebih mudah melahirkan? Jawabannya adalah mereka lebih banyak bergerak daripada aktivitas harian kita saat ini mulai dari berkebun, mencari ikan, dan mengepel lantai sambil jongkok. Masyarakat di perkotaan lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer dan lebih banyak duduk.

Jika persalinan diibaratkan sebagai perlombaan maraton, para atlet tentunya akan latihan dan berupaya agar stamina tetap terjaga sampai garis akhir. Begitu pula dengan Anda yang perlu menyiapkan jiwa dan raga sebelum waktu persalinan tiba. Ikutilah kelas yoga, senam hamil atau pilates dimana beberapa pose dapat menyiapkan otot-otot panggul untuk memperlancar proses persalinan.

Anda juga bisa mencoba olahraga lain untuk selingan seperti jalan santai atau berenang. Selama berolahraga jangan lupa untuk minum banyak air baik itu dalam bentuk air putih atau jus buah. Disamping itu, penuhi suplemen multivitamin dan mineral misalnya Bundavin.

Perhatikan postur tubuh terutama menjelang trimester tiga. Duduklah dengan tegak dan badan condong ke depan bukan bersandar pada kursi. Kemudian, upayakan untuk lebih sering duduk di atas birth ball. Postur tubuh yang baik membuat janin berada dalam posisi yang optimal.