Kapan Waktu Terbaik untuk Tes Kehamilan? Cek Selengkapnya Disini!

Penulis: Fadila Nur’aini, A.Md.Keb
Potret pasangan dengan hasil testpack positif (Dok.Freepik/jcomp)

 

Hamil adalah momen yang ditunggu-tunggu bagi beberapa pasangan. Kerap kali mereka melakukan tes kehamilan di rumah. Tes kehamilan adalah tes untuk mendeteksi hormon kehamilan yang dikenal dengan human chorionic gonadotrophin (hCG) yang berada di dalam urine.

Pembuahan terjadi karena pertemuan sel sperma dengan sel telur. Pembuahan tersebut akan berkembang menjadi embrio. Beberapa sel baru di dalam embrio akan berkembang menjadi plasenta. Sel dari plasenta ini akan memproduksi hormon hCG. Hormon hCG akan memberitahu tubuh Anda untuk tidak menstruasi.

 

Kapan saya bisa mulai tes kehamilan?

Jika Anda melakukan tes kehamilan terlalu awal bahkan sebelum Anda terlambat haid, hasilnya mungkin akan negatif. Beberapa alat test pack mungkin mengklaim bisa mendeteksi hormon hCG dalam urin pada 4-8 hari sebelum terlambat haid. Namun, perlu diingat bahwa mungkin saja hasilnya tidak akurat karena hormon hCG belum cukup jumlahnya.

Jumlah hormon hCG di dalam tubuh akan terus bertambah setiap 2-3 hari sejalan dengan pertumbuhan embrio dan plasenta. Waktu terbaik untuk melakukan test pack adalah dimulai pada hari pertama ketika Anda terlambat haid. Jika Anda tidak tahu kapan haid Anda datang, maka lakukan tes setelah 21 hari Anda berhubungan seksual tanpa kontrasepsi. Anda bisa mengulang kembali tes kehamilan pada hari berikutnya jika Anda masih ragu.

Sebetulnya Anda bisa melakukan tes kehamilan pada waktu kapanpun tidak harus di pagi hari. Namun, ada lebih baiknya untuk mencoba melakukan tes pada pagi hari. Beberapa alat test pack akan lebih akurat untuk membaca hasil pada urine pertama di pagi hari ketika Anda baru bangun tidur karena kadar hormon hCG tersebut telah terkonsentrasi di dalam urine Anda pada malam hari. Bacalah petunjuk pada test pack dengan benar termasuk berapa menit hasilnya akan keluar.

 

Jika hasil test pack postif, apa yang harus Anda lakukan selanjutnya?

Anda bisa mulai memeriksakan kehamilan ke bidan atau dokter segera setelah test pack Anda positif. Bidan atau dokter akan menanyakan hari pertama haid terakhir (HPHT) untuk menghitung usia kehamilan Anda saat ini. Jadi, Anda harus ingat kapan Anda terakhir haid dan tanggal berapa hari pertamanya. Hari pertama haid adalah hari pertama saat haid Anda keluar banyak.

Dokter akan menawarkan untuk melakukan USG abdominal dari perut pertama kali biasanya pada usia 6-8 minggu dari HPHT. Namun, gambaran USG yang terlihat adalah kantung kehamilan saja dan mungkin Anda merasa tidak nyaman untuk dilakukan USG transvaginal dari jalan lahir. Oleh karena itu, dokter akan menyarankan untuk kembali pada usia kehamilan diatas 10 minggu.

Bagi Anda yang sudah merencanakan kehamilan, ada baiknya mulai mengonsumsi asam folat minimal dua bulan sebelum hamil setiap harinya. Salah satu produk multivitamin dan mineral yang mengandung asam folat adalah Bundavin. Asam folat dapat mengurangi risiko cacat lahir pada janin yang dikenal dengan neural tube defect. Ini adalah cacat lahir pada otak, tulang belakang atau sumsum tulang belakang.