Siklus Haid Tidak Teratur? Ketahui Penyebab dan Solusinya!

   

Penulis: Fadila Nur’aini, A.Md.Keb
Potret suami memegang perut ibu (Dok.Freepik/wayhomestudio)

Siklus haid dihitung dari hari pertama menstruasi di bulan ini sampai hari pertama menstruasi di bulan berikutnya. Siklus haid rata-rata adalah 28 hari, tetapi setiap perempuan itu berbeda. Siklus haid dapat dikatakan teratur apabila datangnya setiap 24 hingga 38 hari. Namun, siklus haid dianggap tidak teratur jika terus berubah dan menstruasi datang lebih cepat atau lebih lambat.

Anda tidak harus pergi ke dokter jika Anda selalu mengalami menstruasi yang sedikit tidak teratur atau Anda masih dalam masa pubertas. Namun, periksalah ke dokter ketika Anda merasa siklus haid tiba-tiba tidak teratur dan Anda berusia dibawah 45 tahun. Begitu pula dengan Anda yang susah untuk hamil.

Pertimbangan lain untuk periksa ke dokter yaitu siklus haid Anda kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Kemudian adanya perbedaan yang signifikan setidaknya 20 hari antara siklus terpendek dan siklus terpanjang. Jika lama haid Anda lebih dari tujuh hari, ada baiknya konsumsi multivitamin dan mineral misalnya Bundavin untuk mencegah anemia dan segera periksa ke dokter.

 

Penyebab siklus haid tidak teratur

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan siklus haid tidak teratur. Beberapa diantaranya tampak normal bagi Anda. Penyebab siklus haid tidak teratur yaitu:

  • Pubertas, siklus haid tidak akan teratur pada satu atau dua tahun pertama
  • Mulainya masa menopause kisaran umur 45 dan 55 tahun
  • Tanda awal kehamilan, lakukan tes kehamilan untuk memastikan
  • Beberapa tipe kontrasepsi hormonal seperti pil KB, suntik KB atau IUD hormonal
  • Peningkatan atau penurunan berat badan yang drastis, latihan fisik yang berlebihan atau stres
  • Kondisi medis seperti polycystic ovary syndrome (PCOS) atau masalah dengan kelenjar tiroid

 

Bagaimana cara mengembalikan siklus haid?

Pengobatan untuk mengembalikan siklus haid tergantung pada penyebabnya. Namun, ada cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah misalnya yoga. Sebuah studi menunjukkan yoga selama 35-40 menit dapat menurunkan kadar hormon yang berhubungan dengan siklus haid yang tidak teratur. Yoga juga dapat mengurangi nyeri haid dan perubahan emosi.

Perubahan berat badan juga dapat memengaruhi menstruasi Anda. Jika Anda kegemukan, maka menurunkan berat badan dapat membantu Anda untuk mengembalikan siklus haid. Perempuan yang gemuk juga dapat mengalami perdarahan yang lebih banyak dan nyeri. Ini akibat sel-sel lemak tubuh yang berdampak pada hormon dan insulin. Namun, penurunan berat badan yang ekstrem atau underweight juga bisa menjadi penyebab siklus haid yang tidak teratur.

Hal mudah terakhir yang Anda dapat lakukan adalah olahraga. Olahraga dapat menjaga berat badan yang sehat dan rekomendasi yang paling sering diberikan kepada perempuan yang memiliki PCOS. Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga dapat mengatasi nyeri haid atau dysmenorrhea.