Tips Melahirkan Positif dengan Pendamping Persalinan yang Suportif!

Penulis: Fadila Nur’aini, A.Md.Keb
Potret suami memegang perut ibu (Dok.Freepik)

Apakah Anda adalah calon pendamping persalinan? Pendamping persalinan adalah orang yang ibu percaya untuk mendampingi ibu selama proses persalinan. Perannya adalah memberikan dukungan praktis dan emosional ketika ibu melahirkan. Mereka adalah tambahan dari bidan atau dokter yang merawat ibu. Ibu berhak memilih pendampingnya mulai dari pasangan, teman dekat, anggota keluarga atau doula.

Ada pembuktian menunjukkan jika ibu bersalin diberikan dukungan terus-menerus, one-to-one support, ibu tersebut dapat mengatasi persalinan dengan lebih baik dan lebih bahagia dengan pengalaman melahirkannya. Jika pendamping persalinan melakukan perannya dengan sangat baik maka ibu dapat melahirkan dengan mudah dan mempersingkat proses persalinan. Pendamping membuat ibu tidak begitu takut dan lebih percaya diri.

Namun, ibu juga berhak memutuskan untuk tidak didampingi oleh siapapun atau memiliki pendamping lebih dari satu. Siapapun pendamping ibu, dia dapat memberikan peran yang besar untuk membantu mendapatkan pengalaman melahirkan yang positif. Jika ibu tidak memiliki siapapun, maka bicarakan dengan bidan atau dokter yang merawat.

Apa yang bisa dilakukan oleh pendamping persalinan?

Tugas utama dari pendamping persalinan hanyalah selalu bersama ibu dan mendukung segala keputusannya. Sebagai pendamping, Anda dapat berdiskusi dengan ibu tentang birth plan. Mulai dari bagaimana cara ibu untuk melahirkan hingga hal-hal yang tidak ingin ibu lakukan. Mengikuti kelas hamil bersama ibu adalah cara yang baik untuk belajar.

Tidak ada yang tahu bagaimana proses persalinan nanti dan bagaimana cara mengatasinya. Namun, Anda tetap bisa mengambil peran untuk membantu ibu dalam menjalani proses persalinan. Apapun rencana persalinan yang telah ibu rencanakan, Anda dapat mengambil peran seperti:

  • Mendampingi ibu dan membantu ibu melalui segala tahapan persalinan mulai dari pembukaan
  • Memegang tangan ibu, mengelap wajah dan memberikan minum
  • Memijat punggung dan pundak serta membantu ibu untuk bergerak atau mengubah posisi
  • Memberikan kenyamanan saat persalinan semakin maju dan kontraksi semakin kuat
  • Mengingatkan ibu tentang cara untuk rileks dan teknik pernapasan bahkan melakukan teknik pernapasan bersama-sama
  • Mendukung segala keputusan ibu seperti pereda nyeri pilihan ibu meskipun itu berbeda dari birth plan yang telah direncanakan
  • Memberi tahu ibu bahwa bayi akan segera lahir jika ibu kesulitan untuk melihat ke jalan lahir, sehingga ibu dapat termotivasi

Batasan pendamping persalinan

Penting untuk diketahui bahwa pendamping persalinan hanyalah mendampingi. Pendamping tidak berhak mengambil suatu keputusan atau menyetujui segala prosedur medis untuk ibu. Hanya ibu yang bisa menyetujui prosedur medis yang akan diberikan kepada dirinya.

Namun, pendamping dapat membantu menjelaskan ke bidan atau dokter apa yang ibu perlukan. Begitu pula sebaliknya, pendamping dapat membantu bidan atau dokter berkomunikasi dengan ibu sehingga ibu merasa memegang kendali atas persalinannya sendiri. Pendamping persalinan juga bisa mengambil peran untuk memotong tali pusat dan mendukung ibu untuk memenuhi kebutuhan multivitamin dan mineral misalnya Bundavin, bicarakan hal ini kepada bidan atau dokter.

Jika dalam keadaan gawat darurat dimana ibu bersalin tidak sadar atau tidak dapat mengatakan apa yang ibu inginkan, maka tenaga kesehatan dapat memberikan pertolongan untuk menyelamatkan nyawa ibu. Pada kondisi ini, tenaga kesehatan dapat menyampaikan kondisi ibu kepada keluarga terdekat tentang berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Jika pendamping adalah keluarga terdekat, maka tenaga kesehatan perlu mendengarkan pendapat mereka terkait perawatan ibu.

Sudah siapkah Anda menjadi pendamping persalinan?