Yuk, Cek Perlengkapan yang Perlu Anda Bawa Saat Melahirkan!

 

Penulis: Fadila Nur’aini, A.Md.Keb
Potret ibu hamil membawa tas maternitas (Dok.Freepik/user18526052)

Selamat Anda sudah di trimester ketiga! Anda dan pasangan mungkin sudah tidak sabar menantikan lahirnya sang buah hati dan sedang bingung menyiapkan perlengkapan yang dibawa saat melahirkan. Perlengkapan itu sifatnya sangat personal tergantung kebutuhan setiap ibu dan tempat bersalin. Ketika sudah memutuskan tempat bersalin Anda, pastikan fasilitas apa saja yang sudah disediakan disana.

Jika tempat bersalin Anda sudah menyiapkan sebagian besar dari kebutuhan Anda, maka Anda tidak perlu membawa banyak barang. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang dibawa saat melahirkan. Simak lima poin di bawah ini!

 

Dana dan dokumen 

​​​​​​​Siapkan dana yang cukup, baik itu berupa uang tunai atau kartu debit/kredit dan BPJS atau asuransi yang menjadi pilihan pembayaran. Tanyakan kepada tempat bersalin dokumen apa saja yang perlu Anda bawa selain identitas diri misalnya KTP dan kartu keluarga. Kalau bisa ketahui lebih awal apa yang harus dipersiapkan untuk membuat akta kelahiran. Bawa juga buku KIA atau rekam medis lainnya misalnya foto USG atau buku catatan kehamilan.

 

Birth plan

Jika Anda mempunyai birth plan, bawalah birth plan itu ke tempat bersalin. Ini membantu tenaga kesehatan untuk mengetahui rencana persalinan Anda dan bagaimana Anda ingin dirawat. Mengenai birth plan, bicarakan lebih awal misalnya sejak trimester tiga ini sehingga penolong persalinan dapat menghormati keputusan Anda dan mencari solusi bersama apabila birth plan tidak berjalan dengan lancar.

 

Perlengkapan ibu

Anda bisa menyiapkan perlengkapan mandi dan pembalut jika di tempat bersalin tidak menyediakan. Bawalah pakaian dalam, baju atau gaun yang nyaman dengan jumlah yang cukup. Untuk pakaian atas ibu kalau bisa yang ada kancingnya untuk mempermudah Anda menyusui dan kontak kulit ke kulit. Anda juga boleh membawa korset melahirkan agar penolong persalinan Anda dapat mengajarkan cara memakai yang benar.

 

Perlengkapan bayi

Bawalah baju, popok, kaus tangan dan kaki, bedong serta topi dalam jumlah yang cukup. Jangan lupa membawa handuk atau selimut bayi. Handuk biasa digunakan untuk mengeringkan bayi segera setelah bayi lahir jika tempat bersalin Anda tidak menyediakan. Anda bisa meminta penolong persalinan untuk tidak memandikan bayi agar memaksimalkan penyerapan lapisan lemak (vernix caseosa) sebagai pelindung kulit bayi.

 

Perlengkapan tambahan

Perlengkapan lain yang bisa Anda bawa adalah birth ball dan pompa, aromaterapi, minyak pijat, mesin TENS dan lainnya jika di tempat bersalin tidak menyediakan. Anda juga bisa berdamai dengan gelombang cinta yang datang dengan mendengarkan lagu kesukaan atau membaca buku favorit Anda. Jika Anda punya bantal menyusui, bawalah jika memungkinkan untuk membantu Anda menyusui dengan lebih nyaman.

 

Siapkan segala perlengkapan yang dibawa saat melahirkan dalam satu tas besar. Sehingga ketika Anda sudah merasakan datangnya gelombang cinta, Anda bisa segera bergegas ke tempat bersalin. Sebagai tambahan, Anda boleh membawa makanan ringan atau minuman kesukaan Anda untuk meningkatkan mood selama menunggu buah hati lahir. Anda juga boleh membawa suplemen multivitamin dan mineral misalnya Bundavin jika diperlukan.